Cara mudah memasang sitemap webmaster

Barangkali banyak yang penasaran dan bertanya-tanya gimana sih caranya memasang XML Sitemap di Blogspot. Kalau blognya pakai WordPress kita bisa memasang plugin yang secara otomatis akan men-generate Sitemap.

Bisakah Blogspot dipasangi seperti itu?

Ya, tentu saja bisa. Bahkan kita tidak perlu pakai plugin seperti yang dibuat oleh Arne Brachhold itu. Blogspot sudah membuatnya secara otomatis. Kalau di Blogspot nama file sitemap-nya adalah atom.xml. Lokasinya di http://nama-blog.blogspot.com/atom.xml.
Kita tinggal men-submit file tersebut ke Google Webmaster Tools. Tentu saja sebelumnya kita perlu mem-verifikasi blog tersebut terlebih dahulu. lht gambar dibawah:

verifikasi google webmasters tool

Verifikasi Blog

Untuk melakukan verifikasi blog, cara paling mudah adalah dengan menyisipkan META TAG di antara tag HEAD di template Blogspot yang kita pakai. Untuk itu pilih Add a meta tag pada pilihan Choose verification method di Google Webmaster Tools.

Klik menu Tata Letak – Edit HTML di Blogspot (setelah login). Sisipkan kode meta tag yang diberikan oleh Google Webmaster Tools di bawah tag TITLE. atau head

 memasang kode html dari google webmaster

Klik button Simpan Template untuk menyimpan perubahan tersebut. Setelah itu pada Google Webmaster Tools klik button Verify untuk memproses verifikasi blog.

Memasukkan Sitemap

memasang sitemap

Prosedur untuk menambahkan sitemap juga sama. Hanya perlu diperhatikan bahwa Sitemap URL-nya harus diisi dengan http://nama-blog.blogspot.com/atom.xml. Ganti nama-blog dengan nama blog yang Anda miliki.jk dengan atom.xml gagal.anda bisa mencoba alternatifnya dengan menambahkan rss.xml atau feeds/posts/default atau
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100
Itu saja yang perlu kita lakukan. Lebih mudah bukan?

Selamat mencoba.

Terima kasih telah membaca artikel Cara mudah memasang sitemap webmaster.Silahkan baca artikel INFONETMU tentang yang lainya dibawah ini!

Comment With Facebook!